Biografi Dee Lestari: Novelis, Blogger Hingga Pemusik

Biografi Dee Lestari: Novelis, Blogger Hingga Pemusik

diksionary.com - Dewi Lestari, yang dikenal dengan nama pena Dee Lestari, lahir pada tanggal 20 Januari 1976 di Kota Bandung, Jawa Barat, dari pasangan Yohan Simangunsong dan Tiurlan Siagian. Ia adalah anak keempat dari lima bersaudara. Tiga saudara perempuannya juga aktif di bidang seni. Kakak perempuannya, Key Mangunsong, adalah seorang sutradara dan penulis skenario. Kakak perempuan keduanya, Imelda Rosalin adalah seorang pianis dan penyanyi jazz. Adik perempuannya, Arina Ephipania, adalah seorang penyanyi dan merupakan vokalis band Mocca.

Lingkungan keluarga inilah yang menjadi sumber bagaimana Dee mampu meraih kesuksesan dalam bidang kepenulisan dan musik. Sejak masih kecil, Dee sudah punya hobi mendengarkan musik. Sejak saat itu, ia mulai belajar memainkan piano secara otodidak.

Sebetulnya, awal karir Dee dimulai dari dunia musik. Sebelum menjadi penulis, aktifitas menyanyinya sudah sangat padat. Mulai dari bergabung dengan Rida Sita Dewi (RSD), Dee juga pernah menjadi backing vocal untuk Iwa K, Java Jive dan Chrisye. Sekitar bulan Mei 1994, ia bersama Rida Farida dan Indah Sita Nursanti bergabung membentuk trio Rida Sita Dewi (RSD) atas prakarsa Ajie Soetama dan Adi Adrian.

Pada tahun 2006, Dee meluncurkan album berbahasa Inggris berjudul Out Of Shell, dan tahun 2008 melucurkan album RectoVerso,Album Ini mengundang Arina Mocca berduet di lagu "Aku Ada" dan berduet di lagu "Peluk" dengan Aqi Alexa. Hits besarnya adalah "Malaikat Juga Tahu". Di Album ini juga Dee merilis ulang lagu milik Marcell Siahan berjudul "Firasat".

Meskipun kiprahnya bernyayi telah lebih dulu berkibar, karyanya di bidang penulisan tidak kalah cemerlang. Bahkan melalui novel trilogi Supernovanya semakin membuat namanya populer. Sebelum Supernova keluar, tak banyak orang yang tahu kalau Dee telah sering menulis. Tulisan Dee pernah dimuat di beberapa media. Salah satu cerpennya berjudul "Sikat Gigi" pernah dimuat di buletin seni terbitan Bandung, Jendela Newsletter, sebuah media berbasis budaya yang independen dan berskala kecil untuk kalangan sendiri. Tahun 1993, ia mengirim tulisan berjudul "Ekspresi" ke Majalah Gadis yang saat itu sedang mengadakan lomba menulis dimana ia berhasil mendapat hadiah juara pertama.

Novel pertamanya yang sensasional, Supernova 1: Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh, dirilis pada 16 Februari 2001. Novel yang laku 12.000 eksemplar dalam tempo 35 hari dan terjual sampai kurang lebih 75.000 eksemplar ini banyak menggunakan istilah sains dan cerita cinta.

Supernova pernah masuk nominasi Katulistiwa Literary Award (KLA) yang digelar QB World Books. Bersaing bersama para sastrawan kenamaan seperti Goenawan Muhammad, Danarto lewat karya Setangkai Melati di Sayap Jibril, Dorothea Rosa Herliany karya Kill The Radio, Sutardji Calzoum Bachri karya Hujan Menulis Ayam dan Hamsad Rangkuti karya Sampah Bulan Desember.

Sukses dengan novel pertamanya, Dee meluncurkan novel kedua seri Supernova, yaitu Supernova 2: Akar pada 16 Oktober 2002 yang sedikit meimbulkan kehebohan karena gambar covernya dianggap melecehkan umat hindu dan pada 2005 merilis kembali novel ketiga dari seri Supernova, yaitu Supernova 3 yang diber judul Petir. Tahun 2012, Dee kembali mengeluarkan novel keempat seri Supernova yang berjudul Supernova 4: Partikel dengan tokoh utama Zarah dan Oktober 2014, Dee menerbitkan novel lanjutan novel seri Supernova yang berjudul Supernova 5: Gelombang dengan tokoh utama Alfa.

Pada tanggal 26 Februari 2016, novel terakhir seri Supernova dengan judul Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi (IEP) telah beredar di toko buku di Indonesia, di mana sebelumnya Dee menjualnya dengan sistem pre order IEP bertandatangan yang dilangsungkan selama 19 hari. Akibat yang harus ia tanggung adalah menandatangani ribuan buku IEP pesanan pembaca setianya, atau yang biasa disebut Addeection.

Kreatifitasnya tidak berhenti begitu saja, pada Agustus 2009, Dee menerbitkan novel Perahu Kertas yang juga difilmkan dan dibintangi oleh Maudy Ayunda. Kemudian filosofi kopi dan madre yang juga sudah dingkat menjadi film layar lebar.

Selain itu, Dee juga masih aktif menulis di blog pribadinya, yaitu deelestari.com untuk sekedar berbagi tulisan pendeknya tentang catatan pribadinya. Lewat blog tersebut, Dee seakan ingin memberikan informasi terkini karya yang sedang ia garap dan mencoba membangun interaksi kepada para penggemarnya.

Karya-karyanya juga tidak lepas dari berbagai penghargaan, baik di bidang musik maupun kepenulisan. seperti karyanya Supernova 1 : Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh mendapatkan penghargaan dari 5 Besar Khatulistiwa Literary Award (2001), Filosofi Kopi meraih Penghargaan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa 2006 sebagai karya sastra terbaik. Musiknya juga masuk Nominasi Anugerah Musik Indonesia 2006 untuk kategori "Karya Produksi Lagu Berlirik Inggris Terbaik" - Out Of Shell dan Nominasi Anugerah Musik Indonesia 2009 untuk kategori "Artis Solo Wanita Terbaik" - Malaikat Juga Tahu serta masih banyak lagi.

Bibliograf: Supernova 1: Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh - Truedee Books (2001), Supernova 2: Akar - Truedee Books (2002), Supernova 3: Petir - Truedee Books & Akoer - (2004), Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade - Truedee Books & Gagas Media (2006), Rectoverso - Goodfaith Production (2008), Perahu Kertas - Bentang Pustaka (2009), Madre - Bentang Pustaka (2011), Supernova 4: Partikel - Bentang Pustaka (2012), Supernova 5: Gelombang - Bentang Pustaka (2014) [2], Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi - Bentang Pustaka (2016), Kepingan Supernova - Bentang Pustaka (2017), Aroma Karsa - Bentang Pustaka (2018) dan Di Balik Tirai Aroma Karsa - Bentang Pustaka (2019)

Diskografi:  Rida Sita Dewi: Antara Kita – Warna Musik, Indonesia (1995), Rida Sita Dewi: Bertiga – Warna Musik, Indonesia (1997), Rida Sita Dewi: Satu – Sony Music Indonesia (1999), Rida Sita Dewi: The Best of Rida Sita Dewi – Sony Music Indonesia (2002), Dewi Lestari: Out Of Shell – Truedee Music Indonesia (2006), Dewi Lestari: Rectoverso – Goodfaith Production (2008)

Referensi:
http://deelestari.com/biografi
https://id.wikipedia.org/wiki/Dewi_Lestari